Langsung ke konten utama

Bab 1 Tinjauan tentang Ilmu Budaya Dasar

1.      IBD sebagai bagian dari MKDU
Ilmu BUudaya Dasar adalah salah satu kompnen dari mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib disemua perguruan tinggi .
Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1. Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan dan segala tindakannya mencerminkan nilai-nilai pancasila
2. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjalankan perintah agama
3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam menyelesaikan masalah
4. Memiliki pandangan kehidupan yang luas dalam bermasyarakat
Jadi pedidikan umum yang yang menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa, pada dasarnya berbeda dengan mata kuliah-mata kuliah Bantu.
2.      Pengertian IBD
Secara dasar Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah ilmu budaya dsar dikembangkan di Indaonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitism yang berasal dari istilah bahasa inggris “the humanities” yang juga berasal dari bahasa latin “humanus”yang artinya manusia.
Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompaok pengetahuan budaya, Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:
      1. Ilmu ilmu alamiah (NATURAL SCIENCE )
   Ilmu ilmu alamiah bertujuab mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
      2. Ilmu ilmu social ( social science )
   Ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia . 
3. Pengetahuan budaya ( the humanities )
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengetahuan budaya dibatasi oleh pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat.
3.      Tujuan IBD
Ilmu Budaya Dasar semata mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepriabadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap aspek aspek budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk bisa menyangkut tujuan tersebut, IBD diharapkan dapat :
1. mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungam yang baru
2. Memberi kesempatan mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan kebudayaan
3. Mengusahakan agar mahasiswa tidak jatuh kedalam sifat sifat kedaerahan dan pengkotkan disiplin ilmu yang ketat
4. Mengusahakan wahana komunikasi para akadmii agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain, supaya para akademisi mampu berkomunikasi dengan lebih lancar.
4.      Ruang lingkup IBD
Kedua masalah pokok yang termasuk IBD itu ialah :
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, keahlian disiplin didalam pengetahuan budaya,
2. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan. Tetapi manusia malah sering menunujukkan perbedaan-perbedaaan yang membuat terjadinya pertikaian.
Menilik kedua masalah pokok yang bias dikaji dalam mata kuliah IBD tersebut diatas, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia bukan sebagai subjek tapi sebagai objek. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, diri sendiri, sesama dengan nilai-nilai kemanusiaan, dan dengan Tuhannya …? Itu menjadi tema sentral dalam IBD.
Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :
        • Manusia dan cinta kasih
        • Manusia dan keindahan
        • Manusia dan penderitaan
        • Manusia dan keadilan
        • Manusia dan pandangan hidup
        • Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
        • Manusia dan kegelisahan
        • Manusia dan harapan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat, Latar Belakang dan 3 Versi Surat Perintah Sebelas Maret (SUPERSEMAR)

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh ...  Kembali lagi bersama Diar disini :D Di Sabtu ceria nan cerah ini, wkwkwk . Diar bawa postingan buat tugas Makul Web Science. Dari nama nya udah keren tuh ya, Science. Tapi jangan salah, tugas pertama nya adalah bahas sejarah . *tepuktangan* Tema nya tentang " Surat Perintah Sebelas Maret ". Adakah yg sudah lahhir pas surat itu dibuat ??? Diar sih belum, Orangtua gue pun belom lahir pas surat itu dibuat. Alhasil, kita bisa tau sejarah tentang 'Surat' itu dari buku-buku sejarah, artikel-artikel yang ngebahas tentang itu atau bisa dateng ke Gedung Arsip Nasional.  Disini gue ga akan banyak bahas seluk-beluk 'Surat' itu, gue cuma ambil dari beberapa sumber yang ada dan gue tulis ulang dijadiin satu buah tulisan dibawah ini. Karna ini tentang sejarah, gue takut ada salah-salah makanya gue murni COPAS dari sumber-sumber tersebut. Biarin lah dikata ga kreatif juga, karna jujur gue ga tau banyak ten

Simple Maze with Game Maker Studio

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…. Alhamdulillah Diar masih hidup. Ehhh Minal Aidzin wal Faidzin.. Mohon maaf lahir batin Pembaca Semuanyaa… :) Don’t forget to click #Baca Selengkapnya# Langsung aja deh nih yaa… masih softskill nih.. Tugas terakhir nih.. eheheh.. Jangan bosen yaa.. Selamat Membaca ================================================================================== Simple Maze PENDAHULUAN Game merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti permainan. Permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan menghibur. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba untuk mengembangkan game berjenis board game yaitu maze game. Permainan maze atau labirin adalah permainan puzzle yang memiliki jalur-jalur yang bercabang. Dalam hal ini penulis menggunakan “GameMaker Studio” karena software pembuat game ini menggunakan script GML.

Soal Prinsip Berhitung - Matematika Informatika 3

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh .. Diar datang lagi :D kayanya semester ini, di blog yang bakal sering di posting adalah tentang makul Matif. hahah . *padahal mah baru 2 postingan tentang matif nya, belom sering* contohnya aja sekarang nih bakal di posting tugas untuk buat soal dari materi tentang "PRINSIP BERHITUNG". ===     1.       Jika didalam sebuah kelas terdapat 43 mahasiswa. Berapakah MINIMAL mahasiswa yang mendapat nilai sama (A, B, C, D, dan E) ? a.        8 orang      c. 7 orang b.       9 orang      d. 10 orang Jawab : Diketahui :      N = 43 mahasiswa                         k = 5 nilai (A, B, C, D, dan E) Ditanya :         MINIMAL mahasiswa yang mendapat nilai sama ? (min) min      = N/k min      = 43/5             = 8.6 -->  pembulatan keatas menjadi 9 Jadi besar MINIMAL mahasiswa yang mendapat nilai sama adalah sebanyak  9 orang didalam kelas tersebut. Jawaban yang benar : B       2.       S = {k, l, m