Langsung ke konten utama

Soal Prinsip Berhitung - Matematika Informatika 3


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh ..
Diar datang lagi :D
kayanya semester ini, di blog yang bakal sering di posting adalah tentang makul Matif. hahah . *padahal mah baru 2 postingan tentang matif nya, belom sering*
contohnya aja sekarang nih bakal di posting tugas untuk buat soal dari materi tentang "PRINSIP BERHITUNG".
===
    1.      Jika didalam sebuah kelas terdapat 43 mahasiswa. Berapakah MINIMAL mahasiswa yang mendapat nilai sama (A, B, C, D, dan E) ?
a.       8 orang      c. 7 orang
b.      9 orang     d. 10 orang
Jawab :
Diketahui :      N = 43 mahasiswa
                        k = 5 nilai (A, B, C, D, dan E)
Ditanya :         MINIMAL mahasiswa yang mendapat nilai sama ? (min)

min      = N/k
min      = 43/5
            = 8.6 --> pembulatan keatas menjadi 9

Jadi besar MINIMAL mahasiswa yang mendapat nilai sama adalah sebanyak  9 orang didalam kelas tersebut.
Jawaban yang benar : B

      2.      S = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
A = {k, l, m, p, q, r}
B = {k, o, r, s, t}
Berapakah selisih A – B ?
a.       A – B = {l, m, n, p, q}                   c. {l, m, p, q}
b.      A – B = {k, r}                                 d. {o, r, s, t}

Jawab :





Jadi selisih A – B adalah {l, m, p, q}
Jawaban yang benar : C

     3.      Dalam sebuah jurusan teknik informatika yang terdiri dari 600 mahasiswa, terdapat 350 mahasiswa yang mengambil mata kuliah pemrograman Java dan 290 mahasiswa yang mengambil mata kuliah pemrograman C++, dan 80 mahasiswa yang mengambil mata kuliah pemrograman Java dan pemrograman C++. Ada berapa mahasiswa didalam perkuliahan itu yang tidak mengambil sebuah mata kuliah baik pemrograman Java maupun pemrograman C++ ?
a.       50 mahasiswa        c. 10 mahasiswa
b.      60 mahasiswa        d. 40 mahasiswa
Jawab :
Diketahui :
A = pemrograman Java
B = Pemrograman C++
A = 350 mahasiswa
B = 290 mahasiswa
A dan B = 80 mahasiswa

Ditanya :
Berapa banyak mahasiswa yang tidak mengambil mata kuliah pemrograman Java maupun pemrograman C++ ?

Artinya dari jumlah 600 mahasiswa teknik informatika terdapat sebanyak 600 – 560 = 40 mahasiswa yang tidak mengambil mata kuliah pemrograman Java maupun pemrograman C++.
Jawaban yang benar : D

      4.      Berapa cara untuk menyusun dari kata ‘GUNADARMA’ ?
a.       362880 cara                      c. 362000 cara
b.      360000 cara                       d. 362800 cara
Jawab  :
Gunadarma terdiri dari 9 huruf, jadi huruf yg dpt dibentuk dari tulisan ’GUNADARMA’
adalah = 9!
                 = 9x8x7x6x5x4x3x2x1
                 = 362880 cara
      Jawaban yang benar : A

      5.      Jika sebuah uang logam dilemparkan 1 kali, maka ada 2 kemungkinan uang logam yang muncul yaitu anga dan gambar. Bila A dilemparkan muncul angka, maka peluang kejadian A adalah?
A. 1/2              B. 1/4
C. 1/6               D. 1/8
Jawab :
Diketahui :
m = banyaknya kejadian
n = banyaknya kemungkinan
Ditanya :
P(A) ?
P(A) = m/n dimana m ≤ n
P(A) = 1/2
Jawaban yang benar : A

 6.      Delapan orang pasangan wanita dan pria sedang pergi ke pesta ulangtahun dengan menaiki 2 mobil dengan kapasitas masing- masing 9 orang. Jika setiap pasangan harus naik pada mobil yang sama, maka banyaknya cara posisi penumpang tersebut adalah …
A. 1680 Cara              C.  1682 Cara
B.  1681 Cara              D.  1683 Cara
Jawab  :
Kemungkinan posisi pada 4 pasang suami istri mobil pertama kemudian 4 pasang suami-istri mobil kedua. Maka banyaknya cara ialah 8C4 + 8C4 = 840 + 840 = 1680 cara.





Jawaban yang benar : A

       7.      Berapa banyak bilangan bulat positif yang tidak melampaui 500 yang habis dibagi 9 atau 10?
a.       110                        c. 200
b.      100                        d. 500
Jawab :
Diketahui :
Misal P = himpunan bilangan bulat positif tidak melampaui 500 yang habis dibagi 9.
Q = himpunan bilangan bulat positif tidak melampaui 500 yang habis dibagi 10.

Dengan demikian P U Q adalah himpunan bilangan bulat positif yang tidak melampaui 500 yang habis dibagi 9 atau habis dibagi 10, dan P ∩ Q himpunan bilangan bulat positif tidak melampaui 500 yang habis dibagi 9 dan habis dibagi 10.














Jadi, terdapat 100 bilangan bulat positif tidak melampaui 500 yang habis dibagi 9 atau habis dibagi 10.

Berikut ilustrasi dari perhitungan tersebut dalam diagram :










Jawaban yang benar : B

        8.      Hitunglah banyaknya kombinasi dari huruf – huruf  v , w , x , y , z yang diambil 4 unsur …
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
Jawab :





Jawaban yang benar : A

      9.      Dalam Sebuah Kelas terdapat 30 Mahasiswa menyukai mata kuliah Pendidikan Agama Islam, 18 Orang Menyukai Mata Kuliah Matematika Informatika dan 5 Sisanya Menyukai kedua mata kuliah tersebut, berapa jumlah mahasiswa dalam kelas tsb?
a.       50 orang                c. 43 orang
b.      53 orang                d. 40 orang
Jawab  :
Diketahui:        A= 30
                        B= 18
                        A n B = 5
Ditanya : jumlah mahasiswa didalam kelas tersebut ?
|A U B| = |A|+|B|-|A n B|
             = 30 + 18 - 5
             = 43 orang
Jawaban yang benar : C

      10.      5 putra dan 3 putri duduk berderet pada 8 kursi kosong sesuai dengan 8 lembar karcis bioskop yang mereka miliki. Berapa banyak cara untuk duduk yang diperoleh dengan urutan berbeda jika :
1)      Putra dan putri dapat duduk di sembarang kursi?
2)      Putra dan putri masing-masing mengelompok sehingga hanya sepasang putra dan putri yang dapat duduk berdampingan?
a.       40.320 & 720                    c. 64000 & 720
b.      40.320 & 225                    d. 40.032 & 702
Jawaban  :
Diketahui :
Terdapat 8 orang yang menempati 8 kursi dimana perbedaan urutan duduk memberikan hasil yang berbeda. Ini adalah masalah permutasi 8 unsur dari 8 unsur atau P(8, 8) diberikan oleh :
1)      P(8, 8) = 8! = 8 x 7 x 6 x 5 x 3 x 2 x 1 = 40.320

5 orang putra duduk pada 5 kursi tertentu dan pertukaran duduk hanya boleh pada ke 5 kursi tersebut, sehingga banyaknya cara duduk putra adalah P(5, 5). Demikian juga 3 putri duduk pada tiga kursi tertentu dan pertukaran duduk diatara mereka hanya boleh pada ke 3 kursi ini, sehingga banyaknya cara untuk duduk putri adalah P(3, 3).
2)      Dengan demikian, banyak cara duduk 5 putra dan 3 putri yang masing-masing mengelompok adalah P(5, 5) x P(3, 3) = 5! X 3! = 720
Jawaban yang benar : A

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat, Latar Belakang dan 3 Versi Surat Perintah Sebelas Maret (SUPERSEMAR)

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh ...  Kembali lagi bersama Diar disini :D Di Sabtu ceria nan cerah ini, wkwkwk . Diar bawa postingan buat tugas Makul Web Science. Dari nama nya udah keren tuh ya, Science. Tapi jangan salah, tugas pertama nya adalah bahas sejarah . *tepuktangan* Tema nya tentang " Surat Perintah Sebelas Maret ". Adakah yg sudah lahhir pas surat itu dibuat ??? Diar sih belum, Orangtua gue pun belom lahir pas surat itu dibuat. Alhasil, kita bisa tau sejarah tentang 'Surat' itu dari buku-buku sejarah, artikel-artikel yang ngebahas tentang itu atau bisa dateng ke Gedung Arsip Nasional.  Disini gue ga akan banyak bahas seluk-beluk 'Surat' itu, gue cuma ambil dari beberapa sumber yang ada dan gue tulis ulang dijadiin satu buah tulisan dibawah ini. Karna ini tentang sejarah, gue takut ada salah-salah makanya gue murni COPAS dari sumber-sumber tersebut. Biarin lah dikata ga kreatif juga, karna jujur gue ga tau banyak ten

Simple Maze with Game Maker Studio

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…. Alhamdulillah Diar masih hidup. Ehhh Minal Aidzin wal Faidzin.. Mohon maaf lahir batin Pembaca Semuanyaa… :) Don’t forget to click #Baca Selengkapnya# Langsung aja deh nih yaa… masih softskill nih.. Tugas terakhir nih.. eheheh.. Jangan bosen yaa.. Selamat Membaca ================================================================================== Simple Maze PENDAHULUAN Game merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti permainan. Permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan menghibur. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba untuk mengembangkan game berjenis board game yaitu maze game. Permainan maze atau labirin adalah permainan puzzle yang memiliki jalur-jalur yang bercabang. Dalam hal ini penulis menggunakan “GameMaker Studio” karena software pembuat game ini menggunakan script GML.